KBRI New Delhi Gelar pelayanan Kekonsuleran di Chandigarh

By Admin

nusakini.com--Dubes RI New Delhi, Rizali Wilmar Indrakesuma, sapa komunitas masyarakat Indonesia yang berada di Chandigarh, ibukota Punjab & Haryana pada acara pelayanan kekonsuleran dan perlindungan WNI, bertempat di rumah makan Kylin Experience, Mall Elante akhir pekan lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 20 orang WNI dengan latar belakang antara lain ibu rumah tangga, tenaga kerja, wiraswasta dan mahasiswa. Umumnya WNI di Chandigarh merupakan Person of Indian Origin (PIO). 

Pada kesempatan tersebut Dubes RI, Rizali Wilmar Indrakesuma, selain menyatakan kegembiraanya karena dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia di Chandigarh untuk yang pertama kalinya, beliau juga menyampaikan informasi rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke New Delhi dan secara lisan mengundang kepada masyarakat Indonesia di India, khususnya di Chandigarh untuk dapat hadir pada acara temu masyarakat dengan Presiden RI pada 13 Desember 2016 mendatang di KBRI New Delhi. 

WNI di Chandigarh menyambut gembira undangan tersebut, sebagian diantaranya langsung mengkonfirmasi kehadiran mereka pada acara pertemuan WNI dengan RI-1. Selain itu, mereka juga pengapresiasi inisiatif KBRI New Delhi yang telah melakukan prosedur pelayanan kekonsuleran dengan sistem "jemput bola". Hal ini dianggap sebagai langkah kemajuan birokrasi yang lebih efektif dan efisien bagi kepentingan WNI di luar negeri. 

Pelayanan "jemput bola" kekonsuleran oleh KBRI New Delhi kali ini difokuskan kepada beberapa pengurusan diantaranya proses perpanjangan paspor, surat catatan kelahiran, serta update lapor diri. (p/ab)